//
you're reading...
Berita Nasional

PT. Newmont Nusa Tenggara, Pembawa Kerusakan Lingkungan dan Kemiskinan.


Siaran Pers Jatam/26/Agustus/2013.
Rentetan panjang kasus PT. Newmont Nusa Tenggara masih berlangsung hingga saat ini. Mulai dari aktivitas pembuangan tailing ke Teluk Senunu, pencemaran Sungai Sekongkang dan sungai Tongo Sejorong, membuka 198,65 Ha hutan lindung, hingga hebohnya kasus divestasi saham PT. NNT.

Sudah belasan tahun aktivitas pertambangan PT Newmont Nusa Tenggara beroperasi, namun kemiskinan dan gizi buruk selalu membayangi warga. Menurut data BPS, provinsi Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu provinsi termiskin dengan tingkat kemiskinan 21,55%. Belum lagi permasalahan rencana pasca tambang yang tidak jelas dari PT. NNT yang menimbulkan keresahan di masyarakat.

Selama ini warga selalu ditipu dengan janji-janji manis PT. NNT. Community development dan CSR yang dijanjikan malah menimbulkan konflik di antara warga. Menurut pak Hasanuddin, kepala desa Tongo Sejorong Kecamatan Sekongkang, pemberdayaan yang dilakukan Newmont tidak tepat sasaran dan banyak diselewengkan. Pendidikan di wilayah lingkar tambang masih tertinggal jauh dengan wilayah lainnya. Alih-alih mendapatkan desanya maju karena industri tambang, warga malah mendapati lingkungan yang rusak, sungai yang tercemar. Pembuangan tailing tidak hanya di teluk Senunu, tapi juga di sungai Tongo Sejorong.

Begitulah wajah industri pertambangan. Aktivitas ekstraktif dilakukan semata hanya untuk keuntungan pihak pemodal, sedang warga tidak mendapat keuntungan yang signifikan. Ingkar janji selalu menjadi karakter dari industri keruk ini. Pendekatan yang digunakan juga selalu membuka ruang konflik, baik itu antar warga atau pun pemerintahan. Karena itu Jatam dengan tegas menyatakan bahwa keberadaan PT Newmont Nusa tenggara tidak membawa kesejahteraan bagi warga Nusa Tenggara Barat, khususnya di kabupaten Sumbawa Barat.

About these ads

About admin

Silahkan Berkontribusi berita-berita terkait Info Desa dan Seputar Pertanian kirim ke /setasiun@yahoo.co.id

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 661 other followers