Kontrol Penggunaan Insektisida bagi Petani


Kabarkampung,

Memasuki bulan Desember, hujan sudah mulai setabil, dimana para petani saat ini sedang sibuk mengolah sawah dan ladang guna untuk ditanami berbagai macam jenis tanaman diantaranya, Jagung,Padi,dan Kedelai. Namun bagi Masyarakat Desa Gunungsari Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi, saat ini sedang banyak mengembangkan jenis penanaman tumpang sari di kebun dan ladang mereka.

Biasanya jika musim penghujan mereka memanfaatkan ladangnya untuk ditanami Jagung dan Kedelai karena musim panennya hampir bersamaan dan tidak mengganggu satu sama yang lain. Maka model tumpang sari sering diterapkan.

Namun sebagian Masyarakat setempat masih menggunakan cara-cara yang praktis dalam mengolah tanah, yaitu jika ladang mereka dipenuhi dengan rumput liar maka mereka menyemprotkan insektisida,pembasmi rumput. hal ini kemungkinan boleh saja digunakan asalkan masih dalam batas kewajaran.

Namun jika hal ini di gunakan secara terus-menerus kemungkinan besar tanah yang subur dan penuh dengan hara akan rusak karena penggunaan insektisida tadi.Oleh karena itu hendaknya Masyarakat yang masih menggunakan bahan tersebut segera dikurangi, selain merugikan hasil panen nanti juga akan rusak tanah yang tadinya subur.

Menggunakan cara-cara lama untuk mengolah tanah akan jauh lebih bagus, disamping aman juga sangat ekonomis. (Solo B)

 

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s