Mancing,di Bagan Pangandaran!


infokampung.wp.com, Menikmati indahnya suasana pantai Pangandaran yang terletak di selatan Kabupaten Ciamis Jawa Barat, serta melakukan aktifitas memancing di tengah-tengah laut, merupakan tantangan yang mengasikan bagi yang suka sensasi berbeda.Minggu (30/11/2012).

“Suasana malam yang begitu menakutkan bagi sebagian orang yang belum pernah singgah di tengah laut”

Bangan terdiri dari susunan Bambu yang ditancapkan di tengah-tengah laut atau pantai oleh pemiliknya, fungsi Bagan sendiri  adalah, untuk menopang perangkap ikan (jaring) yang di siapkan oleh para nelayan. Untuk menggiring ikan-ikan tersebut nelayan umumnya cukup menyalakan lampu Petromak, yang saat ini sudah di padukan dengan gas LPG, sehingga dalam pengoperasiannya sangat mudah dan fleksibel. Rata-rata setiap Baggan membutuhkan lampu penerangan 2-3 lampu, salain berfungsi untuk menggiring ikan juga untuk menghangatkan tubuh mereka yang berjaga menunggu ikan masuk ke perangkap.Karena kondisi di tengah laut kadang tak menentu.

Marno (38) salah satu nelayan setempat ,menuturkan pengalamannya sebagai pencari ikan di Bagan ” ya kadang kalau lagi bagus ya dapat ikan banyak kadang malah hanya dapat paling sedikit 2-3 kilogram saja” kondisi cuaca juga sangat mempengaruhi pendapatan kalau cuaca bagus bisa mendapat ikan yang lumayan banyak tetapi kalau kondisi seperti ini ya cukup buat lauk sendiri, sambungnya.

Para nelayan tersebut biasanya berangkat dari rumah sekitar pukul 14.00 WIB,  tergantung jauh dekatnya jarak tempat tinggal mereka dengan pantai. Sesampai di pinggir pantai biasanya mereka tak langsung ke Bagan tetapi terlebih dulu mereka menunggu teman-temannya untuk berangkat ketengah bersama. Disela-sela waktu  menunggu mereka suka bertukan pengalaman selama di laut, karena setelah sesampai di Baggan mereka berpisah dalam Baggan biasanya dijaga satu orang dan kalau kebetulan ada rekan mereka lagi liburan atau sekedar ingin ikut mancing mereka tak sungkan untuk mengajak ke Baggan selain menjadi teman juga bisa menjadi rekan kerja pasalnya kalau sedang banyak ikan sekali menarik jaring di Bagan bebannya sangat berat dan butuh tenaga ekstra.(Sj).

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s