Jalan Raya, Pangandaran penuh lubang!


Pangandaran,adalah bagian dari Kabupaten Ciamis Jawa Barat, belum genap setahun di mekarkan oleh pemerintah pusat untuk menjadi wilayah otonomi baru yaitu menjadi sebuah Kabupaten baru,hingga kini masih terus berbenah untuk menyiapkan segala sesuatu termasuk layanan pemerintahan dan juga moda transportasi.
Tak heran bila wilayah ini masih banyak kendala karena pemerintah induk mengeluarkan izin-izin industri yang tidak melihat keselamatan lingkungan, akibatnya badan jalan sering rusak bahkan lobang di sepanjang jalan menuju Pangandaran bahkan para wisata yang akan pergi kesana lewat jalur darat musti bersabar karena kerusakan badan jalan.

Sebelum Izin industri tambang pasir besi diberikan oleh pemerintah setempat atau izin angkut, jalan tersebut tetap mulus walau di lewati truk tronton hilir mudik mengangkut berbagai bahan material namun setelah adanya industri tersebut kerusakan serta debu jalanan sangat dirasakan oleh warga setempat, Darsono 40 tahun saat di hubungi menuturkan ” dulu ngak separah ini mas tetapi setelah ada tambang jalan makin rusak jadi kita mau pergi harus ekstra hati-hati dan banyak mengeluarkan ongkos bensin (BBM) misalkan kita mau ke Banjar harus 2 jam yang seharusnya bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 1,2 jam menggunakan kendaraan ber motor selorohnya.

Menurut kabar media setempat bahwa izin tambang tersebut saat ini di cabut untuk sementara waktu, karena dinilai tidak bermanfaat bagi warga dan hanya menyengsarakan masyarakat baik kesehatan dan juga lingkungan. Namun hal ini selalu di pantau karena bisa saja suatu saat izin tersebut di berikan kembali oleh pemerintah baru.
Pemerintah Pangandaran sudah seharusnya berfikir pengembangan ekonomi mandiri serta mengembangkan sertor wisata yang sudah ada.(sj)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s