Tambang Karst: Ancam Pulau Jawa!


Sumber: JATAM
Sumber: JATAM

Tambang Karst salah satu beban ekologi yang sedang mengancam pulau Jawa saat ini. Hal itu diungkapkan oleh Andika Manajer Penggalangan Dukungan Jaringan Advokasi Tambang (JATAM) melalui siaran pers (Senin/04/11/2013).

Menurut Andika, Hasil investigasi Jaringan Advokasi Tambang menemukan angka yang fantastik dalam data sebaran tambang Karst di Pulau Jawa.  Hingga tahun 2013, Jumlah Izin Tambang Karst  yang tersebar di Pulau Jawa berjumlah 76 Izin, yang berada di 23 Kabupaten, 42 Kecamatan  dan 52 Desa dengan total luas Konsesi Tambang Karst Seluas  34.944,90 Ha

Sebaran tambang Karst berada di titik vital, terutama daerah pegunungan cadangan air tidak saja bagi konsumsi langsung oleh warga setempat, tetapi juga sebagai cadangan resapan air paling penting bagi pertanian. Masalah mendasar dari perluasan tambang Karst akan berdimensi agraria dan ekologis. Sebab ada upaya nyata dengan sengaja negara ingin mengabaikan kepentingan masyarakat pedesaan, terutama petani atas akses sumber-sumber agraria yang terancam.

Apalagi, sebagian besar proses pemburukan ekologi itu dipacu lewat legalisasi daerah seperti Peraturan Daerah Propinsi Jawa Tengah Nomor 6 Tahun 2010 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Jawa Tengah Tahun 2009 – 2029, Perda RTRW Kabupaten Kebumen nomor 23 tahun 2012 menyebutkan bentang alam karst Gombong memiliki luas lebih kurang 4.894 hektar dan seterusnya.

JATAM, Menghawatirkan, ekologi Jawa yang kian kolaps dari waktu ke waktu akan semakin parah apabila tambang KarsT di eksploitasi lebih mendalam lagi.  Sudah sepatutnya, ekologi Jawab diperhitungkan dalam aspek keselamatan penghuninya tidak lagi untuk memenuhi pasar global yang tak hingga permintaan itu.

Sebab saat ini beberapa rencana investasi baru seperti rencana pembangunan investasi pabrik semen  Lafarge SA produsen semen terbesar di dunia dan  PT Semen Bosowa serta di Jawa Timur, PT Ultratech Minning Indonesia di Wono Giri. Bisa memicu ledakan monopoli lahan dan gangguan ekologi secara cepat dan massif. Oleh karena itu, tambang Kars penting untuk ditinjau kembali sebagai sebuah item kebijakan pembangunan. (am)

J

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s