Hore.., Terminal Benih buka Stand di Festival Parara !


Tanaman Organik sudah tak aneh dan terdengar sudah lumrah di kalangan masyarakat kita, namun sebagian masyarakat petani pada umumnya masih enggan untuk memakai cara tersebut, dan mereka tergantung dengan produk pabrik mulai dari pestisida dan pupuk kimia.
Warga Kota Jakarta, juga ada yang gemar menanam, baik Sayur-sayuran dan tanaman palawija,selain untuk di konsumsi sendiri ternyata bisa menghasilkan Uang. Doc. by Admin

Jakarta-06/05/2015 Sejak awal  pertengahan bulan Februari lalu, Terminal Benih (TB) terbentuk berkat ide dan gagasan kreatife masyarakat kota yang sadar akan pentingnya memproduksi sumber pangan keluarga dari lahan yang sangat terbatas.

Dapat kita bayangkan hampir 99% bahan pangan seperti sayur,Beras dll didatangkan dari berbagai wilayah bahkan, pemerintah melakukan impor produk tersebut dari Negara lain. Padahal, Negeri ini terkenal dengan kesuburan tanahnya tetapi sebagian masyarakat juga enggan untuk bercocoktanam/bertani.

Terminal Benih mungkin akan terus berkembang sejalan dengan watu, karena selain mempromosikan dan mengajak masyarakat kota untuk  bertani, Terminal Benih (TB)  juga melakukan identifikasi berbagai benih lokal, dan yang sifatnya hibrida untuk sementara ditinggalkan. Benih hibrida merupakan benih hasil rekayasa genetic agar tanaman tumbuh kembang sangat cepat, sementara benih lokal memiliki sifat sesuai aslinya juga memiliki ketahanan dari serangan hama.

Saat ini koleksi Terminal Benih (TB) kurang lebih 1200 tanaman. Pemerintah DKI Jakarta  juga menggalakan warganya agar kawasan kota menjadi hijau, kebetulan lokasi Terminal Benih tak jauh dari Kantor Kelurahan Mampang sehingga Ibu-Ibu PKK sering mencari bibit tanaman yang memang dalam koleksinya belum ada disana. Terminal Benih juga bekerja sama dengan Pesantren Ath Thariq Garut, disana para santrinya juga terlibat penuh dalam mengelola berbagai tanaman herbal, Pada Kahir Pekan Sabtu-Minggu ini Terminal Benih juga ikut dalam  Panen Rakyat Nusantara (PARARA) di Lapangan Banteng  Stand No A49 pas pintu masuk utama.

Jangan lupa Kungjungi stand Terminal Benih dan dapatkan benih lokalnya. (Sj)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s